Konsultasi Hukum dan Bisnis

Konsultasi Hukum dan Bisnis

Cari Yang Lain :

27 March 2011

AWAS..! Syindrome NARSIS disekitar kita.!

------------------- SHARE --------------------
-------------------------------------------------

"Ah kamu Narsis" itu yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari untuk menyatakan teman yang dianggap terlewat percaya diri atau berlebihan,hampir semua orang sepakat kalo suatu  yang berlebihan itu tidak baik,  Tapi apakah sich  sebenarnya Narsis /kpribadian narsis itu sendiri,  narcisizme personality adalah keadaan kejiwaan seseorang yang dipengaruhi oleh keadaan serta sikap emosional seseorang terhadap keadaan atau orang lain di sekitarnya yang cenderung dilebih lebihkan atau di dramatisir untuk menutupi kekurangan diri.
-
Orang yang terkena Syndrome ini cenderung sering menonjolkan diri dengan kesan dipaksakan sehingga jauh dari rasa malu, Namun uniknya bagi  orang yang terkena Syindrome ini umumnya tidak sadar dan menganggap biasa saja.  Orang yang terkena Narsis Syndrome cenderung berupaya mempengaruhi orang Agar Memuja-puji dirinya bahkan orang yang terkena Narsis Syndrome ini tak segan-segan menjatuhkan yang dianggap saingannya atau yang lebih menonjol darinya, seperti yang dijabarkan diatas upaya tersebut (Narsis) itu  guna menutupi kekurangan dirinya.Bahayanya! Terkadang orang yang dihasutnya percaya begitu saja.
-
Narsis biasa terjadi karena respon Rendah Diri, sehingga melibatkan pembesar-besaran prestasi dan merendahkan orang lain yang dianggap ancaman bagi sang narsisis,  Kesalahan asuh orang tua menjadi penyebab terbesar adanya penyakit Syndrom Narsis  ini dalam seorang anak. Contohnya, orang tua yang serba membolehkan yang memberi pujian berlebih-lebihan pada sang anak, terlalu menurutkan dan memanjakan sang anak, gagal menerapkan disiplin, dan mengidealisasi si anak menjadi faktor-faktornya nya. Hasilnya, pengidap Syindrome Narsis   secara umum merasa tidak siap untuk masa dewasa, setelah dibesarkan dalam pandangan hidup yang tidak realistik. Sebaliknya, seorang anak yang tidak menerima dukungan dan dorongan yang cukup bisa juga mengidap penyakit Syindrome Narsis ini. Adapun ciri-ciri Syindrom narsis :

-dia sering menceritakan prestasinya sendiri dimasa lalu tanpa diminta oleh orang lain yang sedang di ajak bicara.Bahkan terkadang prestasi yang dia ceritakan tidak ada sangkut pautnya dengan bahan perbincangan saat itu.
-apa yang dia lakukan bagi dia hal biasa,tapi bagi orang lain memalukan..
-cenderung meninggikan diri dengan merendahkan orang lain.
-mendramatisir masalah untuk mencari perhatian /sensasi

Contoh :  Karena kekalahan Tim Sepak bola kelasnya, Si Narsis berupaya mepengaruhi rekannya mencari kabing hitam,maka kiper dan Straikernya disalahkannya tanpa dasar yag jelas,sesuai kriteria diatas hal itu bisa jadi kiper dan Straiker itu sinngannya,atau bisa jadi dengan mengalihkan perhatian itu dia mencoba menutupi / berlindung dari kesalahannya.
-
Pernahkah menjumpai orang Narsis disekitar lingkungan anda ..? silahkan sharing disini...!


Sumber : berbagai Refrensi 

http://kesehatan.kompasiana.com/kejiwaan/2011/03/27/awas-syndrome-narsis-disekitar-kita/


No comments:

Post a Comment

-

Related Posts with Thumbnails