Konsultasi Hukum dan Bisnis

Konsultasi Hukum dan Bisnis

Cari Yang Lain :

21 September 2012

Sisi Lain Perjuangan Hidup Mafia "The Godfather"

------------------- SHARE --------------------
-------------------------------------------------

I believe in America. America has made my fortune. And I raised my daughter in the American fashion. I gave her freedom, but... “- Bonasera -

itu lah kata yang pertama kita dengar ketika melihat film fenomenal The Godfather part 1, kata-kata itu muncul ketika Bonasera meminta bantuan kepada Godfather Don Vito Corlione untuk meminta tolong agar membalaskan dendam pada pemuda-pemuda yang telah menyakiti anaknya, Bonasera merasa  hukum di Amerika begitu tidak adil karena pengadilan  hanya memberi hukuman percobaan(kurungan beberapa hari) kepada pemuda-pemuda yang melakukan kekerasan terhadap anaknya itu, keputusan pengadilan itu tak bisa diterimanya, sehingga Bonasera memilih untuk meminta keadilan vesinya  pada Godfather, kedatangan Bonasera itu tepat pada pernikahan anak perempuan Godfather, Conny.

http://www.4androidapps.net/data/programs/images/jmnmw.u.cs_programView_77823.png
http://www.4androidapps.net/data/programs/images/jmnmw.u.cs_programView_77823.png
Don Vito Corleone pun  merespone dengan tenang  kunjungan Bonasera kerumahnya untuk  suatu permohonan itu,  Godfather hanya mempertanyakan kenapa sejauh ini sebagai warga Italy-Amerika Bonasera tidak pernah bersilaturohmi kepadanya, bahkan godfather marah ketika Bonasera menjanjikan beberapa jumlah uang untuk permohonannya tersebut .”Anda tidak meminta dengan hormat. Anda datang tidak menawarkan persahabatan. Anda bahkan tidak berpikir untuk memanggil saya Godfather. Sebaliknya, Anda datang ke rumah saya pada hari putri saya akan  menikah, dan Anda … meminta saya untuk melakukan pembunuhan, untuk uang” “Bonasera … Bonasera … Apa yang  pernah saya lakukan sehingga  membuat Anda memperlakukan saya begitu tidak hormat? jika Anda datang ke saya dalam persahabatan, maka sampah yang merusak putri Anda akan menderita hari ini. Dan itu secara kebetulan jika orang yang jujur ​​seperti anda harus membuat musuh, maka mereka akan menjadi musuhku. Dan kemudian mereka akan takut ” kata Godfather Vito Corleone (dialek Italia) dengan suara serak khasnya  .  kurang lebih seperti itu dialog awal film  Godfather part 1 yang menurut saya  dialog itu  melambangkan  keseluruhan karakter Godfather Don Vito Corlione sebagai Mafia.


Mafia awalnya merupakan kofederasi orang Sisilia untuk perlindungan dan penegakan hukum sendiri terhadap pemerintahan fasis waktu itu yang dianggap tidak memenuhi nilai-nilai keadilan, anggota mafia disebut mafioso yang artinya “pria terhormat”, atau dengan kata lain mafia (sisilia) adalah sekumpulan orang yang membentuk ikatan kekeluargaan dengan baptis guna tujuan perlindungan dan penegakan hukum, mafia diketuai seseorang yang disebut Godfather, orang Italia memiliki lelucon kecil, bahwa dunia ini begitu keras seorang pria harus memiliki dua ayah untuk menjaganya, dan itulah sebabnya mereka memiliki godfather.

karena persatuan keluarganya yang kental umumnya mafia akan menjadi cepat berkembang dalam segala bisnisnya sehingga menjadi kuat dan memiliki pengaruh yang luas, dan benar kata pepatah lama yang  mengatakan  bahwa yang kuat akan  cenderung menyalahgunakan kekuasaan (ilegal)  ”power Abuse”, dan memang  penylagunaan kekuatan itu yang sering terjadi dalam lingkup mafia,  mungkin itu lah yang ingin dikatakan  Mario Puzo dalam trilogi  The Godfather nya, dengan mengambarkan bahwa dari 5 (lima) keluarga  mafia, hanya 1 keluarga  yaitu keluarga Corlione lah yang tidak setuju bisnis Ilegal, dan tentu ketidak setujuaan itu yang menyebabkan konflik antar keluarga Mafia, atau dengan kata lain bisa dikatakan sebenarnya Istilah Mafia tidak selalu berbanding lurus dengan suatu hal yang Ilegal, atau dengan kata lain Mafia  awalnya hanya sebagai wadah untuk memperjuangkan keadilan oleh beberapa orang yang membntuk kelompok persaudaraan, akan tetapi ketika sering banyaknya pelaku kejahatan terorganisir dilakukan oleh anggota keluarga mafia yang telah mapan maka hal tesebut  membuat stigma bahwa mafia adalah kejahatan itu sendiri, sehingga seorang yang masuk dalam keluarga mafia  tersetigma sebgai Penjahat.

Stigma itu semakin menglobal ketika Kekuatan Mafia mencapai puncaknya di AS pada pertengahan abad ke-20, sehingga sampai sampai saat ini pun sekelompok orang melakukan kejahatan terorganisir dianggap sebagai Mafia, misalnya saja di Indonesia, banyak  istilah-istilah populer dari kosa-kata mafia  ”mafia pajak”….”Mafia anggaran” dan dan mafia-mafia lain-lain…yang hampir semuanya berkonotasi negatif.
-
Setiap profesi/perbuatan/barang yang sering  nampak di depan umum dengan ciri khasnya  maka bisa jadi untuk kedepannya perbuatan/profesi /barang  terseebut tersetigma dengan ciri khasnya.  Itu yang terjadi pada Mafia.
—–
Pergeseran stigma istilah Mafia  yang mulanya berarti “persatuan keluarga untuk keadilan”   menjadi “kelompok kejahatan terorganisir” semoga tidak terjadi pada Istilah politikus yang pada mulannya berarti sebagia “seseorang yang bepolitik” menjadi ” sesorang pebohongan terorganisir”. Somoga tidak…..!!! hehehe..
————
“Orang-orang besar tidak dilahirkan besar, mereka tumbuh besar. . . “
———— CMII—————–

No comments:

Post a Comment

-

Related Posts with Thumbnails